2 Blogger dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia

mengenal bramatya

Memang ada kalanya seorang blogger hanya menggunakan blognya untuk tujuan pribadi, namun ada pula yang justru digunakan sebagai media untuk mempromosikan atau mempublikasikan sesuatu yang mana disebut juga dengan istilah “Internet Marketing.” Hal itu dikarenakan konten-konten yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat.

Dan tentu saja, dikarenakan kontennya sangat bermanfaat tersebut serta ditambah dengan ‘berjualan’ sesuatu di blognya, maka mau tidak mau akan ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh pemilik blog. Berikut ini adalah beberapa blogger dengan penghasilan terbesar di Indonesia sampai pertengahan tahun 2018.

Bramantya Farid Prakosa

Dalam sebuah wawancara, Bramantya Farid Prakosa mengatakan bahwa dia memulai ‘karirnya’ sebagai seorang Internet Marketer adalah setelah dia mengikuti sebuah seminar internet pada tahun 2009. Dari situlah muncul keinginan untuk mengembangkan diri sendiri tanpa terikat dengan pihak manapun, yaitu menjadi seorang blogger dengan memaksimalkan pada penggunaan search engine optimization atau SEO.

Setelah belajar mengenai blogging dan juga seluk beluk SEO, Bram mulai berani membuat satu blog dengan hostingan dan domain sendiri bernama jaketmurah.com. Dalam memasarkan produk jaketnya itu, Bram menggunakan SEO agar dapat mendulang traffic yang tinggi. Dan pucuk dicinta ulam pun tiba, hanya dalam waktu 3 hari saja, apa yang dilakukan Bram membuahkan hasil dengan banyaknya orderan berdatangan.

Dengan berjalannya waktu, akhirnya Bram masuk dalam jajaran blogger SEO yang terkenal di Indonesia atau juga sampai dengan tingkat internasional. Banyak penghargaan yang diterimanya dari nge-blog tersebut. Memang tidak diketahui pasti berapa pendapatan Bram dalam satu bulan, akan tetapi dapat diperkirakan sudah bukan hitungan ratusan ribu saja, akan tetapi sudah mencapai jutaan.

Tantan Hilyatana

Dalam blognya, Tantan Hilyatana mengaku sebagai seorang praktisi digital product yang juga memulai segalanya mirip seperti Bram, yaitu dari Internet Marketing. Tantan juga menjelaskan bahwa dia memulai segalanya dari nol atau tanpa background apapun dan dilakukan dengan otodidak, secara perlahan namun penuh keyakinan, akhirnya blognya tersebut mulai menghasilkan apa yang diimpikannya, yaitu pundi-pundi uang dalam jumlah besar.

Dalam blognya tersebut, Tantan berbagi segalam macam hal dan tidak melulu mengenai SEO atau sejenisnya saja. Bahkan Tantan juga tidak ragu berbagi ilmu mengenai email marketing, sales funnel, affiliate marketing, content marketing, copywriting, CRO dan banyak lagi lainnya.

Selain menggunakan blognya ini sebagai sarana berbagi ilmu, Tantan juga aktif sebagai penjual software dan e-course secara online. Dia juga dapat membuka layanan internet consultant untuk klien. Tantan mengklaim bahwa dengan berbisnis affiliate sales, product lunch serta e-book secara online tersebut, penghasilannya sebulan bisa mencapai kurang lebih USD 100 ribu atau jika dikurskan adalah sebesar Rp 1,5 jutaan. Akan tetapi jika digabung dengan bisnis online lain yang dia geluti, maka ada lebih dari Rp 10 juta akan dapat dia kantongi.

Memang terasa cukup simple, mudah atau gampang untuk dilakukan karena melihat dari keberhasilan seorang blogger yang sudah sukses dan menghasilkan pundi-pundi Rupiah dalam jumlah besar. Namun tentunya semua hal itu tidak dapat diraih secara instan karena dibutuhkan ketelatenan dan waktu serta proses panjang untuk dapat meraih titik puncak seperti itu.

Mungkin Tantan dan Bram adalah 2 contoh blogger yang cukup sukses di Indonesia dengan pendapatan yang tidak tanggung-tanggung lagi jika dibandingkan dengan pekerja kantoran, namun secara pasti masih ada banyak blogger di Tanah Air yang memiliki nasib dan proses menuju kesuksesan yang sama dengan keduanya itu.

1 thought on “2 Blogger dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *